Selasa, 04 November 2014

menangisi orang mati

Mata Kuliah:Web dan Design Grafis untuk Studi Islam
Dosen          :Haeri,S.HI,M.HI
Nama           :Lilis Sulistianingsih
NIM             :201410020311028
Alamat Blog: Kozohara.Blogspot.com


Hukum Menangisi Orang Mati



عن ابن عبا س رض قال
ما تت زىن بنت رسول الله صلعم فبكت النساء فجعل عمر يضر بهن بسوطه فأخذ رسول الله بيده فقا ل مهلا يا عمر ثم قال إيا كن و نعىق الشيطان ثم قال إ نه مهما كا ن من العين والقلب فمن الله عز و حل و من الر حمة و ما كان من اليد واللسان فمن الشيطان (رواه أحمد)


·         Ibnu ‘Abbas r.a. berkata:
“Zainab puteri Rasulullah s.a.w. meninggal, lalu para wanita menangis. Umar memukul mereka dengan cambuknya. Maka Rasulullah s.a.w. memegang tangan Umar seraya berkata: hentikan hai Umar. Kemudian Nabi s.a.w. berkata: jauhkanlah dirimu hai para wanita dari suara syaithan. Kemudian Nabi s.a.w. berkata pula: tangis yang dari mata dan hati, dari pada Allah dan karena rahmat. Tangis yang disertai tangan dan lidah adalah dari syaithan.”(Riwayat Ahmad)

·         Hadist diatas menyatakan, bahwa kita tidak boleh menangisi orang mati dengan berteriak-teriak dan dengan meratapinya, sebagaimana menyatakan, bahwa kita boleh menangisi orang mati tanpa disertai gerakan-gerakan tangan, seperti merobek baju, menamparkan pipi, dan tanpa terdapat perbuatan-perbuatan lidah yang tidak dibenarkan syara’ seperti berteriak dan mengutukkan diri.


عن ابن عمر رض قال
إشتكي سعد ابن عبا دة شكوي له فأته رسول الله صم يعو ذ ه مع عبد الرحمن ابن عوف وسعد ابن ابي وقا ص وعبد الله ابن مسعود فلما دخل عليه و جده في غشية فقا ل قد قضي ؟ فقا لو ا لا يا رسول الله فبكي ر سو ل الله فلما ر أ ي القو م بكا ء ه بكوا فقا ل ا لا تسمعون ؟ ان الله لا يعذ ب بدمع العين و لا بحز ن القلب ولكن يعذ ب بهد ا و أ شا ر الي لسا نه أو ير حم ( رو ا ه البخا ري)


·         Ibnu Umar r.a. berkata: “Sa’ad ibn Umar menderita sakit, lalu Nabi s.a.w. mendatangi untuk menjenguknya. Beliau bersama ‘Abdur Rahman ibn ‘Auf, Sa’ad ibn Abi Waqqash dan Abdullah ibn Mas’ud. Manakala Nabi s.a.w. masuk ke tempat Sa’ad, Nabi s.a.w. mendapatinya dalam keadaan pingsan. Nabi s.a.w. bertanya: Apakah Sa’ad sudah meninggal? Mereka menjawab: Tidak, ya Rasulullah s.a.w. maka Rasulullah s.a.w. pun menangis. Manakala orang yang hadir melihat Nabi s.a.w. menangis, merekapun menangis. Melihat itu Nabi s.a.w. berkata: Apakah kamu tidak mendengar, bahwasanya Allah tiada meng’adzabkan seseorang lantaran air mata dan kegundahan hati, akan tetapi allah meng’adzabkan lantaran “ini”, Nabi s.a.w. mengisyaratkan dengan lidahnya, atau Tuhan merahmati.”(Riwayat Bukhari dan Muslim)

·         Hadist diatas menyatakan bahwa tangisan yang meleleh air mata tetapi tidak disertakan teriakan dan ratapan, tidaklah diharamkan.jadi kesimpulannya adalah kita boleh menangisi orang yang sudah meninggal asalkan tidak secara berlebihan,tetapi ala kadarnya saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar